RANGKAIAN PENGENDALI MOTOR LISTRIK 3 FASA

,,Apa kabar kawan-kawan ngopi sekalian 😄😄..??
kali ini saya akan bercerita tentang apa sih rangkaian pengendali motor itu??

Rangkaian pengendali motor listrik 3 fasa yaitu rangkaian yang digunakan untuk menggerakkan atau menghidupkan motor listrik 3 fasa sesuai kehendak kita dengan suatu alat tertentu sebagai pengendalinya.
alat-alat umum yang biasa dipakai sebagai pengendali motor yaitu :

Dengan alat-alat tersebut dapat kita rangkai ke berbagai macam rangkaian sesuai kebutuhan kita seperti rangkaian manual,semi-auto,bahkan otomatis. 
Rangkaian pengendali motor biasa ditemui di industri-industri yang mengaplikasikannya sebagai penggerak suatu alat produksi. Rangkaian pengendali terdapat di dalam panel box yang berada tidak jauh dari alat yang digerakkannya karena agar lebih mudah dijangkau operatornya. 

Sebagai seorang engineer di bidang listrik tentunya harus paham betul tentang apa yang dikendalikan maka dari itu mereka harus mahir dalam membaca gambar rangkaian pengendali motor karena jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan bisa berakibat fatal, bayangkan saja jika suatu industri seluruh penggeraknya trouble pastinya mengalami kerugian besar karena tanpa adanya penggerak maka industri tidak bisa memproduksi suatu barang dengan maksimal. ''susahnya jadi engineer wkwk..😄''

  • Sebagai contoh rangkaian pengendali motor bekerja bergantian yang dioperasikn secara manual :
rangkaian pengendali motor bergantian
Rangkaian pengendali motor bergantian.
  • Dibawah ini adalah pengembangan dari rangkaian diatas bedanya hanya pada rangkaian utamanya dan motor listrik yang akan dikendalikan hanya satu tetapi bekerja secara dua arah putar.

forwad revers
Rangkaian pengendali motor dua arah putar.

Cara mengubah arah putaran motor listrik 3f  cukup mudah  yaitu hanya dengan cara menukar salah satu fasa dengan fasa lain maka putaran motor listrik akan berbalik arah, perhatikan rangkaian utama pada gambar diatas,
dalam rangkaian utama saya pasang dua kontakan kontaktor yang satu untuk arah maju (K1) dan yangt satunya lagi untuk arah mundur (K2).
,,Sekian dulu kawan-kawan, panggilan ngopi sudah berkumandang dan jangan lupa ikuti terus di artikel selanjutnya..



EmoticonEmoticon