THERMAL OVERLOAD RELAY (TOR)

Thermal Overload Relay adalah alat yang biasanya digunakan untuk pengaman beban lebih pada motor, sebetulnya sama saja seperti halnya MCB yang dipasang di rumah. Pernah tidak saat asik nonton televisi, tiba-tiba saja listrik ngetrip atau bahasa kasarnya kalo didaerah saya njeglekk 😃, padahal tidak menyalakan apa-apa lagi? Hal itu disebabkan MCB sudah melewati arus yang diperbolehkan.

misal MCBnya 6 A. Bisa dipake 6.1 A dalam batas waktu sekian detik/menit. Lebih jelasnya anda bisa melihat tripping curve dari MCB tersebut.


Kembali ke Thermal Overload Relay (TOR) yang fungsinya kembar dengan MCB. Bedanya TOR tidak mempunyai switch on/off.
Thermal overload relay adalah peralatan switching yang peka terhadap suhu dan akan membuka atau menutup kontaktor pada saat suhu yang terjadi melebihi batas yang ditentukan atau peralatan kontrol listrik yang berfungsi untuk memutuskan jaringan listrik jika terjadi beban lebih.
tor
Motorlistrik akan mengalami gangguan arus listrik yang berlebihan diakibatkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Tegangan pada motor listrik kurang dari tagangan Nominalnya,
  • Cos phi motor listrik yang buruk,
  • Beban yang diangkat oleh motor listrik terlalu berat/mengalami beban lebih/overload

Cara kerja

bentuk overload

Komponen utama sebuah Thermal overload relay iyalah Bimetal. logam bimetal terdiri dari dua buah kepingan logam. kepingan bimetal akan melengkung ketika terjadi perubahan suhu, Selama bimetal trip itu masih panas, maka dibagian bawah akan tetap melengkung, sehingga kontak – kontaknya belum dapat dikembalikan ke kondisi semula walaupun reset buttonnya ditekan, apabila bimetal sudah dingin barulah kontaknya dapat kembali lurus dan kontaknya baru dapat di hubungkan kembali dengan menekan reset button.


Pemasangan
kontaktor magnet dan TOR

biasanya terdapat pada output kontak utama pada kontaktor magnet, arus utama melalui 95 – 96 NO (Normally Open) dilanjutkan ke saklar yang mengatur jalannya kontaktor. Arus utama juga di lewatkan dari 95 – 97 karena jika terjadi masalah maka 97 – 98 yang tadinya NC (Normally Close) akan tertutup (NO). Akhirnya 98 dihubungkan dengan lampu indicator kuning yang dinyatakan trouble. Saat 97 – 98 menjadi terhubung maka 95 – 96 terbuka, menyebabkan kontakan kontaktor dan beban tidak mendapat tegangan karena motor mengalami beban lebih sehingga arus pada motor naik hingga bimetal pada TOR bekerja.


EmoticonEmoticon